Tags

, ,

steve-balmer-wavingSteve Ballmer
Kehidupan di Microsoft berubah pada tahun 2000. Tanggal 13 Januari, Steve Ballmer, yang pada bulan Juni 1980 menjadi karyawan ke-30 Microsoft, mendapat promosi jabatan dari kepala Sales and Support Operations menjadi CEO. Bill Gates masih menjabat ketua dan ‘kepala arsitek perangkat lunak’, dengan tugas menyupervisi pengembangan perangkat dan produk-produk perusahaannya dan juga masih terlibat dalam pengambilan keputusan-keputusan utama. Sementara Ballmer mengambil alih tanggung jawab harian perusahaan; ia harus mewujudkan kualitas yang dikehendaki oleh perusahaannya dalam hubungannya dengan pemerintah, perusahaan lain, dan individu.
Perubahan tersebut bagaikan gempa di dasar laut yang jauh dari daratan. Pada mulanya, tak ada perbedaan yang tampak di permukaan. Gates dan Ballmer telah menjadi rekan kerja yang akrab selama bertahun-tahun. Keduanya memiliki perbedaan fisik yang menarik: Gates, teknisi yang agak introver dan genius dalam perangkat lunak, kehadirannya tidak menarik perhatian. Dan sementara Ballmer adalah sosok yang berbadan besar, lantang, berpenampilan mengesankan, seorang wiraniaga yang mampu membaca seluk-beluk pikiran konsumen, dan menemukan kontrak yang cocok serta menguntungkan. Mereka adalah pasangan sempurna: Gates menjadi pemandu bagi para pemrogram dan manajer yang membuat produk, sementara Ballmer memimpin pasukan pemasaran.
Namun, ketika memimpin sebagai CEO, Ballmer tidak memiliki dasar ilmu perangkat lunak seperti Gates. Meskipun ia lulus dengan gelar di bidang matematika dan ekonomi, ia tidak memiliki dasar dalam penulisan kode program. Para pengembang perangkat lunak di Microsoft tahu akan hal itu; reaksi awal sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa perusahaan kehilangan sesuatu yang esensial. Karena walaupun tugas Gates masih menentukan dalam memimpin para manajer yang kurang baik kinerjanya, ia tidak lagi berada di pusat dunia Microsoft; ia seolah menjadi komet yang datang dan pergi karena semakin sibuk dengan urusan yayasan amalnya yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit di negara-negara berkembang.

Advertisements